OAP, berdagang kok bisa tak punya uang kembali?


Berburu buah-buahan sampai ke Kertosari, Kab. Jayapura kadang menyenangkan. Tapi tak jarang mengesalkan juga. Menyenangkan karena bisa sekaligus berwisata. Mengesalkan karena, Orang Asli Papua (OAP) yang berdagang disana sudah seperti tengkulak saja. Mungkin mereka tidak sadar cara mereka berdagang cukup mengesalkan calon pembeli. Pada akhirnya, calon pembeli beralih ke pedagang yang lain.

Bagaimana tidak kesal, dagangan tidak bisa ditawar. Harga mati. Macam di supermarket saja. Kalau ditawar, tidak ada respon. Macam bisu ka? Please wake up my peoples! Berdagang itu perlu komunikasi. Sekalipun harga mati, berilah alasan yang masuk akal dan menimbulkan daya tarik agar calon pembeli memutuskan untuk membeli. Jangan diam saja, apalagi tanpa senyum. Westerling saja bisa tersenyum. Hitler saja bisa tersenyum. Jadi kalian juga seharusnya bisa tersenyum saat berdagang.

Kalau ditanya kenapa tidak bisa kurang? Jawabannya : “Ini titipan orang.” OMG. Darimana kita OAP ini belajar harap gampang? Titip dagangan pada OAP lain yang sama-sama mengais rezeki? Kalau dagangan berbeda, OK. Ini sama saja, buah-buahan juga. Bukankah masih lebar dan lapang tempat berdagang itu? Bukankah tempat berdagang itu milik kita sendiri? Yah, kalau betul itu titipan orang. Kalau bukan, itu menipu calon pembeli. Berdagang perlu kejujuran dan kepercayaan.

Waktu membayar, tak ada uang kembalian. Woiiii….. saudaraku. Kalian ini mau berdagang atau barter barang dengan uang? Kalau mau berdagang, siapkanlah uang kembalian. Pergi tukar uang kecil ke bank setiap satu minggu sekali. Uang kecil itu bisa jadi modal atau digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Jadi pisahkan dengan baik antara modal dagang dengan kebutuhan sehari-hari. Supaya yang datang beli tidak sungut-sungut karena menunggu kalian mencari uang kembalian atau berkata : “Tidak ada kembalian.”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s